Pusat Informasi & Layanan Konseling 
  12.07.2024  |  Berita  |  Kontak  |  Perihal  | 

Layanan Konseling    

Catatan: Pertanyaan konseling baru akan muncul ketika ada respon/tanggapan dari konselor, identitas akan kami rahasiakan

Konsultasi
2023-06-23 11:43:58
Apakah penggunaan Obat anti depresan termasuk dalam golongan psikotropika? karena saya harus meminumnya setiap hari... mohon info terimakasih.
Antidepresan adalah obat yang digunakan untuk menangani depresi. Obat ini bekerja dengan cara menyeimbangkan senyawa kimia alami di dalam otak yang disebut neurotransmiter. Cara kerja ini bisa membantu memperbaiki dan menyeimbangkan suasana hati dan emosi penderita depresi. Perlu dipahami, antidepresan tidak dapat menyembuhkan depresi. Obat ini hanya membantu mengendalikan atau meredakan gejala depresi, atau menurunkan tingkat keparahannya. Penderita yang satu mungkin memiliki kecocokan yang berbeda dengan penderita yang lain terkait jenis antidepresan untuk mengatasi kondisinya. Akan tetapi Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter ya kak, semoga lekas sembuh kk
2023-06-23 11:33:17
saya sedang dalam posisi withdrawl putus zat. Yang paling mengganggu saya saat ini adalah kesulitan tidur dan muncul halusinasi. bagaimana mengatasinya ?
Efek narkoba pada tubuh yang belum sepenuhnya terdetoks memang masih memungkinkan muncul kembali gejala atau memicu perkembangan gangguan kejiwaan lainnya seperti depresi, gangguan bipolar, atau gangguan stres pasca-trauma. Zat terlarang ini juga dapat memengaruhi tingkat energi, motivasi, dan kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik. anda membantu mempercepat pemulihan anda, silahkan berkonsultasi pada psikolog untuk mendapatkan bantuan psikoterapi
2023-06-23 11:26:30
Saya memiliki masalah dengan pasangan yang belum dapat terselesaikan. Setiap kali masalah itu muncul, saya cenderung ingin untuk mengkonsumsi narkoba yang menurut teman2 saya akan membuat saya menjadi lebih rileks. apa benar demikian ?
Pemakaian narkoba dapat memperburuk gangguan kecemasan yang sudah ada sebelumnya. Meskipun awalnya anda mungkin merasa tenang atau rileks setelah menggunakan narkoba, efek tersebut hanya sementara. Penggunaan jangka panjang dapat memperparah kecemasan bahkan memicu masalah lain, seperti serangan panik. Hindari penggunaan obat maupun zat adiktif bentuk apapun tanpa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog terlebih dahulu
2023-06-23 11:25:44
Selamat siang.. Saya mengkonsumsi beberapa zat adiktif dalam 3 bulan terakhir dg tujuan untuk penyemangat kerja. Namun yg saya rasakan saat ini adalah euforia yg tinggi. Apa yg harus saya lakukan ?

Penggunaan zat-zat tertentu diluar pengawasan dokter cenderung mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem. Biasanya efek ini dirasakan pada mereka yang menggunakan kokain atau amfetamin.

Kedua jenis zat tersebut bisa memicu euforia yang tinggi yang bisa berubah menjadi kelelahan, depresi, dan kecemasan usai efeknya hilang. Anda harus menghentikan penggunaan obat-obat tersebut. jika tidak dapat menghentikannya sendiri, segera hubungi dokter atau psikolog terdekat.

2023-06-23 09:26:30
Dampak dan Bahaya Narkoba pada Kesehatan apa ya kak?
Berikut ini beberapa dampak dan bahaya narkoba yang kak:
  1. Turunnya kesadaran, bahkan hilang ingatan
    Penurunan kesadaran merupakan efek penyalahgunaan narkoba yang sangat kentara. Bahkan efek tersebut bisa mengakibatkan hilang ingatan. Efek narkoba bersifat sedatif, yang artinya dapat menimbulkan gejala seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, penurunan kesadaran dan gangguan koordinasi tubuh.
  2. Dehidrasi akibat narkoba
    Dampak narkoba bagi kesehatan selanjutnya yaitu dehidrasi yang terjadi akibat ketidakseimbangan elektrolit. Hal tersebut dapat menyebabkan penggunanya mengalami serangan panik, sakit pada dada, halusinasi, bahkan kejang. Jika kamu membiarkannya, efek tersebut dapat berujung pada kerusakan pada otak.
  3. Narkoba dapat sebabkan kerusakan otak permanen
    Bahaya narkoba yang satu ini bisa muncul saat seseorang menggunakannya dalam jangka panjang. Penggunaan dalam dosis tinggi juga memicu bahaya kerusakan otak permanen. Efek ini terjadi karena narkoba memaksa otak untuk bekerja lebih cepat dan menekan saraf pusat untuk menimbulkan efek ketenangan. Perubahan sel otak tersebut mengganggu komunikasi antar sel saraf. Hal tersebut mengakibatkan otak mengalami kerusakan secara permanen. Saat pengobatan kamu lakukan, penyembuhannya membutuhkan waktu lama, meski penggunanya berhenti mengonsumsi obat terlarang ini. Hal yang dikhawatirkan, efek kecanduan narkoba ini bisa berlangsung seumur hidup.
  4. Kualitas hidup terganggu
    Bahaya yang akan kamu sesali dari penggunaan narkoba yaitu terganggunya kualitas hidupmu. Sebab, kecanduan narkoba akan terus membuat penggunanya untuk menambahkan dosis.
  5. Kematian
    Bahaya kematian dapat mengintai jika pengguna narkoba terus mengonsumsi dalam dosis yang berlebihan. Ingat, tubuhmu tidak akan mampu menoleransi dosis tinggi narkoba, sehingga akan mengakibatkan overdosis. Beberapa gejala overdosis narkoba seperti kejang-kejang, mulut berbusa, dan bola mata mengarah ke atas.